Gejala Flu Pada Bayi dan Anak Balita Serta Cara Mengatasinya

Saat ini cuaca yang sering terjadi sangat tidak menentu. Terkadang pada siang hari sangat terik dan mendung pada sore harinya yang kemudian terjadi hujan lebat, terkadang sampai malam hingga pagi harinya. Kondisi seperti ini sangat memungkinkan daya tahan tubuh serta kesehatan kita akan menurun. Yang berakibat penyakit akan sangat mudah menyerang kita. Salah satunya yaitu flu yang sering kita alami. Flu pada bayi dan anak balita juga dapat mengganggu kesehatan anak kita. 

Flu dapat menyerang siapa saja. Flu atau influenza merupakan suatu penyakit infeksi yang dapat menyebabkan demam, menggigil, batuk, rasa sakit pada tubuh/ meriang, sakit kepala, terkadang sakit pada telinga. Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus (mikroorganisme yang sangat kecil yang hanya dapat dilihat melalui mikroskop). 

Kebanyakan orang menganggap flu adalah hal yang biasa, dapat sembuh dalam waktu 1 atau 2 minggu. Namun sebagian orang menganggap flu membuat "mereka" yang tersiksa. Yang dimaksud "mereka" adalah bayi dan anak usia dibawah 5 tahun, orang tua usia 50 tahun ke atas, serta orang dewasa yang memiliki masalah kesehatan seperti asma atau diabetes. 

Jadi mereka yang dalam kategori diatas sangat perlu perhatian khusus diantaranya flu pada bayi dan anak balita. Bagaimana pencegahan dan penanganan flu pada bayi dan anak balita. 

Bagaimana flu menyebar? 
Virus flu terdapat pada percikan yang keluar dari mulut dan hidung orang yang terinfeksi pada saat orang tersebut bersin, batuk, atau saat tertawa. Kita dapat terkena flu dari seseorang yang terinfeksi dengan hanya menghirup percikan kecil tersebut. Maka ingatlah untuk selalu menutup mulut ketika kita bersin atau memakai masker untuk mengurangi kemungkinan orang lain tertular. 

Flu juga dapat menyebar melalui barang yang kita gunakan secara bersama-sama, seperti peralatan makan, minum, atau telepon. Bahkan hanya dengan bersalaman dengan sang penderita. Ingatkan anak untuk tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain, apalagi saat banyak teman-temannya yang terkena flu baik di lingkungan rumah atau di sekolah. 

Gejala flu pada anak
Gejala flu dapat seperti : 
- Batuk
- Demam ringan
- Sakit kepala
- Nyeri pada telinga
- Rasa lelah
- Mata menjadi merah
- Hidung berair

Flu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, terlebih lagi bagi anak-anak yang masih aktif bermain atau bersekolah. Jika dibiarkan flu pada balita dapat mengakibatkan komplikasi serius seperti : 
1. Infeksi telinga akut
2. Sinusitis 
3. Bronkitis kronik
4. Pneumonia merupakan komplikasi yang sering terjadi dan paling serius dan perlu penanganan yang tepat bagi anak atau balita penderita flu.

Cara mengatasi flu pada anak
  • Hal penting untuk dapat menyembuhkan flu pada balita adalah sistem imun atau daya tahan tubuh. Oleh karena itu bagi mereka yang terkena flu disarankan untuk lebih banyak beristirahat di tempat tidur. Anak kita buat nyaman dengan menonton film, mendengarkan musik atau membacakan cerita. 
  • Bila anak demam lebih dari 38,5℃ berikan obat penurun panas. Namun konsultasikan kepada dokter dulu sebelum memberikan obat penurun panas. 
  • Hidung berair yang keluar (Ingus) merupakan mekanisme tubuh untuk melawan virus yang berkembang biak di rongga hidung. Jika mengganggu hilangkan dengan penghisap lendir untuk mengurangi sumbatan. Atau terapi dengan uap panas. 
  • Berikan anak banyak minum air putih, atau berikan sup hangat. 
  • Makanan yang berigizi agar kondisi tubuh cepat pulih.  
  • Mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir. 
  • Segera konsultasikan ke dokter apabila flu pada bayi atau anak balita terjadi demam berkepanjangan, batuk, muntah, batuk berdahak, anak mengalami sesak nafas. 
Demikian sedikit informasi kesehatan tentang flu pada bayi dan anak balita yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat kepada kita semua. Dan kita selalu diberikan kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Amiiiinnnn.

Belum ada Komentar untuk "Gejala Flu Pada Bayi dan Anak Balita Serta Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel