Peran Ayah Dalam Keluarga dan Pemberian ASI Eksklusif

Ayah adalah seseorang memiliki kedudukan utama dalam keluarga. Selain berperan mencari nafkah untuk keluarga ayah juga seorang imam dalam keluarga. Berbagai peran penting yang diberbagai urusan dalam keluarga membuat seorang ayah menjadi sosok yang penting dalam keluarga.



Selain itu dalam proses pemberian ASI apakah peran ayah sangat penting? Benar, ayah memiliki peran penting dalam proses pemberian ASI yang disebut dengan breastfeeding father. Seorang ayah rajin membantu pasangannya pada saat menyusui bayinya. Contohnya dengan mengusap-usap punggung pasangannya yang sedang menyusui. Dengan begitu ibu akan merasa nyaman sehingga ASI akan lancar dan bayi pun merasa tenang. Selain itu ayah juga bisa menemani ibu saat harus bangun di malam hari untuk memberikan ASI pada bayi. Membantu mengganti popok, ayah juga dapat menggendong si bayi dan menepuk-nepuk punggung bayi agar bersendawa. Hal itu dapat mendekatkan hubungan emosional antara ayah, ibu dan bayi. 

Tetapi banyak dari para ayah yang tidak demikian. Karena itu para ayah harus memahami bahwa menyusui sangatlah penting untuk mengatasi rasa khawatir mereka. Meyakinkan ayah bahwa ia juga memiliki kesempatan untuk terlibat dalam merawat bayinya. Berikut adalah hal-hal yang perlu seorang ayah lakukan dalam belajar membantu menangani bayinya. 

PERAN AYAH DALAM PEMBERIAN ASI EKLUSIF 
  1. Mau belajar melalui berbagai informasi tentang cara-cara merawat bayi, mengasuh bayi dan pemberian ASI. 
  2. Mau bertanya kepada teman/ atau orang yang sudah menjadi ayah atau pun para ahli jika kurang paham tentang merawat bayi. 
  3. Mau meningkatkan kemampuan dalam merawat bayi, dan juga belajar untuk memijat bayi serta membantu bayi menyusu dengan baik.

PERAN AYAH DALAM KELUARGA 
  1. Ayah sebagai sosok pemimpin dalam keluarga/ imam. Seorang ayah menjadi sosok pemimpin bagi anak dan istrinya. 
  2. Ayah sebagai pelindung bagi anak dan istrinya dari bahaya yang ada. 
  3. Ayah sebagai seorang sosok yang memberikan berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh istri dan anak-anaknya. 
  4. Ayah sebagai pengayom dan pemberi kasih sayang bagi anak dan istrinya. 
  5. Ayah sebagai imam dan membimbing anak dan istrinya dalam agama yang diimaninya. 
  6. Ayah sebagai pemberi dukungan atau seorang motivator bagi keluarga, terutama saat seorang anak memerlukan dukungan dari seorang ayah. 
  7. Ayah menjadi seorang contoh yang baik dalam keluarga. 
  8. Ayah sebagai guru yang baik dalam keluarga. 
  9. Ayah menjadi teman yang baik, menjadi teman dalam mencurahkan uneg-uneg anak maupun istrinya. 
  10. Ayah sebagai pelatih yang baik, yang dapat memberikan latihan kedisiplinan bagi anak-anaknya sehingga mampu bermasyarakat. 
Demikian sedikit informasi kesehatan tentang peran ayah dalam keluarga dan pemberian ASI eksklusif. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terima kasih. 

Belum ada Komentar untuk "Peran Ayah Dalam Keluarga dan Pemberian ASI Eksklusif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel