Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Apakah yang dimaksud dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)?
Germas adalah tindakan yang terencana dan tersistematis yang dilakukan oleh masyarakat secara bersama-sama dengan seluruh komponen bangsa dengan rasa kesaradaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.


Germas merupakan gerakan nasional yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia untuk mengedepankan upaya preventif dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat Indonesia. Dalam mensukseskan germas, tidak hanya mengandalkan satu sektor saja seperti sektor kesehatan, namun peran dari kementerian dan lembaga lainnya seperti lingkungan hidup juga harus turut ambil bagian. Serta organisasi kemasyarakatan turut berberan dalam berperilku sehat dan juga pemerintah daerah berperan dalam menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung, serta memantau dan pengevaluasi pelaksanaan kegiatan germas supaya sukses. 

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat terdiri dari 7 langkah : 
  1. Melakukan aktivitas fisik, artinya meningkatkan aktivitas berolahraga supaya menjadikan diri hidup sehat.
  2. Budaya konsumsi buah dan sayur, artinya meningkatkan mengkonsumsi buah dan sayur dari pada makanan seperti junk food, yang lebih bermanfaat bagi kesehatan. 
  3. Tidak Merokok 
  4. Tidak mengkonsumsi minuman beralkohol
  5. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, artinya melakukan pemeriksaan secara rutin supaya dapat mendeteksi penyakit atau masalah kesehatan lebih dini
  6. Menjaga kebersihan lingkungan, artinya bahwa lingkungan yang bersih menjauhkan diri kita dari berbagai macam penyakit. Seperti membuang sampah pada tempatnya, menguras bak mandi adalah bentuk kecil kegiatan dari menjaga kebersihan lingkungan
  7. Menggunakan jaban, artinya salah satu aspek pentinya dari germas adalah aspek sanitasi yaitu penggunaan jamban sebagai sarana pembuangan kotoran karena tanpa jamban dapat meningkatkan penularan penyakit sekaligus kebersihan lingkungan menjadi menurun.
Demikian sedikit informasi kesehatan tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat "Germas" semoga bermanfaat bagi kita semua. Selalu menjaga kesehatan dan terus melakukan hidup sehat. 


Belum ada Komentar untuk "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel