Tips Meredakan Nyeri Perut Saat Haid

Wanita yang tidak hamil tentu saja akan mengalami haid setiap bulan. Nah namun permasalahannya adalah haid kadang mengakibatkan rasa nyeri di bagian perut. Nyeri pada perut ini yang dialami oleh wanita berbeda-beda. Ada yang hanya sakit biasa saja sampai juga ada wanita yang mengalami rasa sakit sampai mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Mungkin anda disini sedang mengalami rasa sakit saat haid dan sedang mencari Tips Meredakan Nyeri Perut Saat Haid. Apa saja sih tips-tips yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri pada perut saat haid? Berikut informasi kesehatan tentang beberapa tips meredakan nyeri perut saat haid. 



1. Kompres Dengan Air Hangat 
Rasa nyeri yang muncul di bagian perut saat haid bisa sedikit reda saat kita mengkompres perut dengan air hangat. Hal ini karena air hangat sendiri mampu membuat otot yang ada di sekitar abdomen menjadi sedikit lebih relaks sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang muncul saat kita datang bulan. Untuk mengompres perut dengan air hangat ini bisa kita lakukan dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat, atau juga bisa dengan botol yang sudah diisi dengan air hangat. Sebelum mengompres dengan handuk, lebih baik anda peras dulu handuk tersebut supaya tidak terlalu basah. Karena yang dibutuhkan disini adalah kehangatan dari handuk tersebut. 

2. Menjaga Pola Makan 
Kebanyakan dari wanita haid pasti akan mengalami penurunan nafsu makan, bahkan ada juga yang sampai tidak makan. Padahal hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan dan malah akan menimbulkan penyakit lainnya. Usahakan agar anda tetap menjaga pola makan saat haid, makan yang teratur bisa menjaga keseimbangan kinerja dari organ tubuh anda sehingga bisa mengurangi rasa nyeri yang terjadi di perut. 

3. Minum Teh Chamomile 
Bagi anda yang belum mencoba teh chamomile maka sebaiknya anda coba untuk meminum teh ini saat sedang datang bulan. Ada sebuah studi yang dilakukan membuktikan jika teh ini bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada perut akibat haid. Hal ini karena Teh Chamomile sendiri mengandung senyawa hippurate yang berguna untuk melawan peradangan yang terjadi pada tubuh kita. Cara kerja dari senyawa ini adalah dengan mengurangi produksi dari Prostaglandin yang bisa menyebabkan rasa nyeri saat kita sedang haid. 

4. Minum Jamu Kunyit 
Sejak dulu kunyit sudah dipercaya sebagai obat herbal yang bisa meredakan rasa nyeri pada perut saat wanita sedang haid. Terbukti dengan banyaknya obat pereda nyeri saat haid yang terbuat dari kunyit. Nah kita juga bisa membuat jamu kunyit sendiri untuk meredakan rasa nyeri saat haid. Caranya sangatlah mudah, pertama anda siapkan dulu 30 gram daun dewa, kemudian 20 gram kunyit dan juga 600 cc air. Setelah itu anda rebus bersamaan semua bahan tersebut. Selanjutnya anda saring air rebusan tersebut untuk diminum secara teratur 2 kali dalam sehari. 

5. Melakukan Olahraga Ringan 
Memang terkadang rasa nyeri yang timbul saat haid bisa sampai membuat orang tidak bisa bergerak. Namun anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan melakukan olahraga yang ringan. Melakukan olahraga ringan bisa melancarkan peredaran darah sehingga sangat baik untuk tubuh. Dengan begitu rasa nyeri yang timbul saat haid pasti akan sedikit teratasi. 

Nah itulah sedikit informasi tentang beberapa Tips Meredakan Nyeri Perut Saat Haid yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share apabila bermanfaat. Terima kasih. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Meredakan Nyeri Perut Saat Haid"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel