Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Puasa adalah ibadah wajib bagi umat Islam di seluruh dunia. Puasa adalah menahan lapar dan dahaga serta hawa nafsu dari subuh hingga terbenam matahari. Puasa ini wajib kita lakukan karena kewajiban kita sebagai umat Islam. Puasa memiliki tujuan untuk kita agar merasakan bagaimana rasanya menjadi orang yang tidak mampu untuk membeli makan dan minum. Namun apakah anda tahu jika puasa juga memiliki dampak baik bagi kesehatan? Setidaknya ada 4 manfaat puasa bagi kesehatan dibawah ini. Berikut manfaat puasa bagi kesehatan




Manfaat Puasa Bagi Kesehatan :
1. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit 
Manfaat puasa yang pertama bagi kesehatan adalah bisa mengurangi resiko kita terkena penyakit loh. Saat kita berpuasa tentu saja tubuh akan memakai lemak sebagai sumber utama, dengan begitu proses detoksifikasi akan terjadi. Proses detoksifikasi ini terjadi karena racun yang ada pada lemak akan dikeluarkan oleh tubuh bersamaan dengan dipakainya lemak untuk bahan bakar tubuh. 

2. Menjaga Berat Badan 
Manfaat puasa bagi kesehatan berikutnya adalah untuk menjaga dan menurunkan berat badan. Saat kita menjalankan puasa tubuh kita tidak akan menerima asupan apapun selama 12 jam lebih. Tapi sebenarnya fase "puasa" sebenarnya terjadi sejak sistem pencernaan tubuh kita selesai mencerna semua zat gizi yang ada pada tubuh. Paling tidak proses ini terjadi 8 jam setelah kita makan makanan terakhir yang masuk ke tubuh. Saat makanan sudah selesai dicerna tentu saja tubuh akan menggunakan cadangan energi berupa lemak. Nah karena lemak dipakai oleh tubuh sebagai sumber energi tentu saja kadar lemak yang ada pada tubuh menjadi berkurang. Jika berkurang tentu saja berat badan kita akan turun juga. 

3. Meremajakan Sel Kulit Tubuh 
Manfaat puasa bagi kesehatan berikutnya adalah bisa meremajakan sel kulit tubuh. Sel kulit yang mati tentu saja harus diganti atau harus mengalami peremajaan kulit. Nah saat kita berpuasa, kita bisa kok melakukan peremajaan kulit tersebut ini. Hal ini karena puasa memiliki hubungan dengan metabolisme tubuh yang berhenti saat kita berpuasa. Hal ini membuat sel pada tubuh bekerja lebih aktif termasuk juga pada sel kulit tubuh. 

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Yang terakhir manfaat puasa bagi kesehatan tubuh adalah puasa bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita. Apalagi berpuasa dengan mengkonsumsi buah-buahan yang bisa meningkatkan penyimpanan mineral dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Untuk itu saat kita puasa sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah terutama saat sahur dan buka puasa.

Demikian sedikit informasi kesehatan tentang Manfaat Puasa Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat serta selalu menjaga kesehatan. Dan saya ucapkan selamat berpuasa bagi umat muslim di seluruh dunia. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Puasa Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel