Menu Sahur Bergizi Untuk Ibu Hamil

Banyak yang bilang jika ibu hamil ini tidak boleh puasa, hal ini karena puasa sendiri menahan nafsu dan juga menahan lapar seharian, sehingga ditakutkan jika tidak mampu mencukupi kebutuhan gizi sehari-hari. Sebenarnya ibu hamil tetap boleh kok berpuasa, asalkan kondisi dari ibu dan juga janin dalam keadaan yang sehat serta memungkinkan untuk menjalankan ibadah puasa. Untuk bisa mencukupi kebutuhan gizi tersebut tentu saja dibutuhkan makanan yang bergizi saat sahur. Lalu apa saja sih menu sahur bergizi untuk ibu hamil? 



Makanan Sahur Bergizi Untuk Ibu Hamil 
1. Telur 
Telur adalah salah satu makanan sumber protein hewani yang sangat baik. Hal ini karena dalam telur mengandung banyak sekali asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Telur juga mengandung banyak lemak, serta kalori yang berkualitas tinggi. Dengan begitu tentu saja mengkonsumsi telur saat sahur sudah pasti bisa mencukupi kebutuhan gizi harian kita. Selain itu telur juga memiliki kandungan kolin yang pastinya sangat dibutuhkan dan sangat bagus untuk perkembangan dari otak bayi serta kesehatan ibu. 

2. Nasi Merah 
Menu sahur bergizi untuk ibu hamil berikutnya adalah nasi merah. Nasi merah lebih memiliki banyak kandungan serat dan juga glikemik rendah jika dibandingkan dengan nasi putih. Mengkonsumsi nasi merah juga bisa membuat berat badan kita tetap stabil. 

Beras merah juga termasuk dalam golongan biji-bijian utuh yang bisa membantu kita dalam memenuhi kebutuhan kalori yang semakin meningkat ketika kita hamil. Nasi merah juga mengandung karbohidrat yang kompleks sehingga bisa membantu perut kita menjadi kenyang lebih lama agar kuat saat puasa seharian. 

3. Sayur-sayuran 
Sayuran adalah salah satu menu sahur bergizi untuk ibu hamil yang wajib selalu ada. Brokoli dan juga sayuran hijau lainnya sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, hal ini karena dalam sayuran hijau sendiri mengandung banyak sekali folat dan juga kalsium yang sudah dikenal baik untuk pertumbuhan otak janin dan juga tulang anak. 

Brokoli juga memiliki kandungan serat dan juga antioksidan yang bisa berguna dalam menangkal radikal bebas. Selain brokoli sayuran lain yang juga kaya akan gizi adalah bayam. Bayam juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi sayuran bisa mencegah resiko berat bayi lahir rendah. 

4. Aneka Susu 
Susu juga menjadi menu wajib yang harus ada saat sahur untuk ibu hamil. Saat ini sudah ada banyak sekali susu ibu hamil yang beredar dan juga sudah sesuai dengan usia kehamilan, jadi tinggal kita sesuaikan saja dengan usia kehamilan yang kita alami. 

Susu juga mengandung banyak sekali nutrisi yang pastinya akan dibutuhkan oleh ibu hamil seperti Kalsium, Asam Folat, Vitamin D, Zat Besi dan masih banyak lagi. Dengan mengkonsumsi susu setiap sahur tentu saja bisa membantu melengkapi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh ibu hamil dan juga sangat bagus bagi pertumbuhan bayi yang dikandung.

5. Buah-Buahan 
Menu sahur bergizi untuk ibu hamil yang terakhir dan tidak boleh dilewatkan adalah aneka buah-buahan. Buah bisa kita jadikan makanan penutup ketika sahur. Misalnya saja pisang yang pasti akan memberikan kita energi tambahan agar kuat menjalani ibadah puasa seharian. Buah-buahan lainnya seperti jeruk, alpukat, apel dan lain-lain juga bisa anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi kehamilan ketika bulan puasa.

Demikian sedikit informasi kesehatan tentang menu sahur bergizi untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat serta selalu menjaga kesehatan. Dan saya ucapkan selamat berpuasa bagi umat muslim di seluruh dunia. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Menu Sahur Bergizi Untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel