Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa

Saat ini umat Muslim di seluruh dunia termasuk di Indonesia tengah menjalani ibadah Puasa di bulan Ramadhan. Namun puasa tahun ini berbeda dengan puasa tahun sebelumnya sebab pada tahun ini mungkin akan terasa lebih sepi akibat adanya pandemi Covid-19 yang melanda di belahan dunia. Meskipun begitu tentu saja kita tidak boleh putus asa dan harus tetap semangat menjalani ibadah puasa tahun ini. Kita juga bisa kok tetap menjaga kesehatan selagi menjalani ibadah puasa, penasaran bagaimana caranya? Langsung saja berikut informasi kesehatan akan memberikan ulasan mengenai tips menjaga kesehatan di bulan puasa.



Cara Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa : 
1. Konsumsi Makanan Yang Bergizi Saat Sahur Dan Berbuka 
Saat kita menjalankan ibadah puasa tentu saja kita mengalami perubahan siklus makan yang awalnya 3 kali dalam sehari sekarang berubah menjadi 2 kali dalam sehari yakni saat Sahur dan juga berbuka puasa saja. 

Untuk itu kita harus mengontrol makanan yang kita konsumsi saat sahur dan juga buka puasa, pilihlah dan konsumsi makanan yang bergizi supaya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bisa terpenuhi dan juga terjaga.

Pilihlah makanan yang memiliki gizi seimbang serta sayur dan buah-buahnya sebagai penambah nutrisi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita dalam menjalankan ibadah puasa. Hindari makanan fastfood untuk sahur dan berbuka puasa karena itu tidak baik untuk kesehatan.

2. Istirahat Yang Cukup 
Saat menjalankan ibadah puasa kita diwajibkan untuk menjaga pola tidur dan juga istirahat yang cukup. Jika kita kurang istirahat atau kurang tidur maka segala macam penyakit menjadi lebih mudah menyerang tubuh kita, untuk itu kita harus menjaga pola tidur dengan istirahat yang cukup. 

Apalagi ada hadist yang menerangkan jika tidurnya orang yang sedang berpuasa sama seperti beribadah. Namun meskipun begitu ya kita tidak boleh terus-terusan tidur seharian, karena jika tubuh tidak digunakan untuk bergerak dan berolahraga malah akan mudah terserang penyakit. 

3. Konsumsi Air Putih Dengan Cukup 
Mengkonsumsi air putih dengan cukup juga bisa kita andalkan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan segar saat berpuasa. Memang saat puasa kita tidak boleh makan dan minum, tapi masih bisa dilakukan pada waktu makan sahur dan berbuka puasa. Kita dianjurkan untuk minum air putih paling tidak 8 gelas dalam sehari. Nah hal ini bisa anda lakukan dengan minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas saat malam hari. Dengan begitu kebutuhan air putih tubuh kita akan tercukupi dan terhindar dari dehidrasi. 

4. Tetap Berolahraga 
Seperti yang sudah saya sampaikan diatas jika tubuh tidak digunakan untuk bergerak malah akan berpotensi semua penyakit dan berbagai virus mudah masuk pada tubuh kita, untuk itu kita dianjurkan untuk melakukan olahraga saat bulan puasa.

Cukup dengan olahraga ringan saja seperti peregangan sendi, jalan santai sudah cukup untuk menjaga tubuh agar tetap sehat saat bulan puasa. 

5. Berbuka Dengan Yang Manis 
Kita dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis terlebih dahulu. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab makanan yang manis akan dapat memberikan energi dan juga lebih bisa diterima serta lebih bisa bermanfaat pada tubuh. Untuk itu lebih baik anda konsumsi dulu hidangan yang manis-manis saat berbuka puasa seperti kurma atau buah-buahan lainnya. 

Demikian sedikit informasi kesehatan tentang tips menjaga kesehatan di bulan puasa. Semoga bermanfaat serta selalu menjaga kesehatan. Dan saya ucapkan selamat berpuasa bagi umat muslim di seluruh dunia. Terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Di Bulan Puasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel